Powered By Blogger

Jumat, 20 November 2009

PENGARUH PERATURAN PEMERINTAH TERHADAP AKTIVITAS PEREKONOMIAN

Pengaruh Peraturan Pemerintah Terhadap Aktivitas Perekonomian dan Bisnis Kewirausahaan

Pengaruh peraturan terhadap perekonomian dan Bisnis Kewirausahaan sebagai Tolak Ukur atau Aturan - Aturan yang dibuat guna membentuk perekonomian yang diinginkan , Berikut adalah Hubungan antara Peraturan Pemerintah terhadap Perekonomian :

membuat peraturan ekonomi
- mengatur serta mengendalikan jalannya roda perekonomian
- mencetak uang & mengedarkannya di masyarakat
- mengawasi lalu lintas keuangan
- mengatur bank sentral
- sebagai konsumen
- sebagai produsen (BUMN, BUMD)
- sebagai investor pd perusahaan2

Fungsi dan Peranan Dari :

Ekonomi : Menyejahterakan rakyat dengan mengelola SDA yang terkandung di bumi Indonesia oleh negara dan mengentaskan kemiskinan.

☆ Politik : Menumbuhkan rasa menghormati dengan Pemerintah, baik Pemerintah pusat maupun Pemerintah daerah dan menciptakan suasana yang mendukung agar program yang dijalankan pemerintah sukses.

☆ Jika digabungkan system & keadaan politik di suatu negara akan mempengaruhi semua prosedur & aspek-aspek ekonomi karena bagaimanapun, keadaan ekonomi dipengaruhi oleh keadaan & kondisi masyarakatnya.

Ada beberapa alasan ketika mekanisme pasar memiliki saling ketergantungan (interdepensi). Pertama, mekanisme pasar tidak dapat berfungsi tanpa eksistensi hukum dan property right. Hukum memberikan basis bagi penerapan aturan main, termasuk pemberian hukuman (penalti) bagi pelaku ekonomi yang melanggarnya. Hukum dan pendefinisian property right merupakan barang publik dan domain dari pemerintah. Sejarah ekonomi mengajarkan kita bahwa revolusi industri berjalan dengan sukses sehubungan dengan pelaksanaan hukum (law and order) yang memberikan keamanan dan kepastian (security) bagi sektor bisnis untuk beroperasi. Studi terakhir di Kolombia menunjukkan bahwa biaya dari ketidakamanan (insecurity) membebankan ekonomi Kolombia hingga 25 persen dari PDB.

Kedua, pemerintah mempunyai fungsi dalam memfasilitasi terciptanya pasar. Industrialisasi di banyak negara justru terjadi akibat intervensi pemerintah dalam penyediaan subsidi pajak, bunga atau subsidi infrastruktur. Sebagian juga akibat intervensi pemerintah secara langsung. Katakanlah untuk kasus lembaga keuangan pedesaan dan perannya terhadap pengembangan ekonomi pedesaan. Tanpa dukungan kredit Bimas, peningkatan produksi beras yang berlipat ganda hampir mustahil terjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar