Powered By Blogger

Minggu, 22 November 2009

Prospek Market Notebook

Bab 1 . Pendahuluan

Pada jaman dahulu mungkin nenek moyang kita banyak yang mengatakan mustahil seseorang bisa terbang, benda mati bisa bicara dan seseorang dapat berkomunikasi pada tempat yang berbeda tetapi pada waktu yang sama. Kini semua ke-mustahil-an itu sudah menjadi kenyataan, manusia bisa terbang menggunakan pesawat, televisi bisa mengeluarkan suara dan telpon bisa untuk berkomunikasi dengan siapa saja dan di mana saja. Dan saya yakin orang jaman sekarang tidak akan ada yang mengingkarinya, semua itu karena apa? Itulah buah dari teknologi.
Ray Kurzweil seorang ahli dalam bidang AI (Artificial Intelligence / kecerdasan buatan) dalam bukunya “The age of Spiritual Machines: When Computers Exceed Human Intelligence”, Ray Kurzweil menjawab sekitar tahun 1999, ia mulai membuat prediksi-prediksi kejadian yang akan datang di masa depan dalam beberapa tahapan :Tahun 2009
Sebuah PC seharga US$ 1000 akan dapat melakukan sekitar 1 triliun kalkulasi per detik. Komputer akan menjadi sangat kecil , menempel pada pakaian dan perhiasan. Sebagian besar transaksi bisnis rutin berada diantara manusia dan personalitas virtual. Telepon dengan terjemahannya pemanggil dan yang dipanggil bisa menggunakan dua bahasa yang berbeda, akan digunakan secara luas di masyarakat.
Tahun 2019
Sebuah PC seharda US$ 1000 akan setara dengan kemampuan komputasional otak manusia. Komputer semakin mudah dioperasikan, tidak terlihat dan menempel di mana saja. Virtual reality sudah dalam 3 dimensi. Sebagian interaksi dengan komputer sudah melalui isyarat tubuh (gesture) dan komunikasi ucapan bahasa dua arah. Linkugnan realistis yang mencakup segala hal (audio, visual dan fisik) membuat manusia mampu melakukan sesuatu, secara virtual, dengan manusia lain, meskipun ada batasan secara fisik. Manusia mulai memiliki hubungan dengan personalitas otomatis, seperti teman dan guru.
Tahun 2029
Sebuah PC seharga US$ 1000 akan setara dengan kemampuan komputasional seribu otak manusia. Komputer telah terhubung langsung ke otak manusia dengan koneksi high-bandwidth. Pencangkokan otak berhasil dilakukan untuk meningkatkan persepsi dan interpretasi secara audio dan visual, memori dan penalaran. Komputer mampu membaca semua literatur dan material multimedia yang dibangkitkan oleh mesin maupun manusia. Muncul diskusi tentang legalitas komputer dan konstitusi manusia.

Tahun 2049
Makanan yang diproduksi menggunakan nano technology mulai digunakan secara umum. Makanan tersebut mempunyai komposisi gizi yang baik, mempunyai rasa dan tekstur yang sama dengan makanan organik.
Tahun 2072
Picoengineering atau teknologi pada skala picometer atau 10-12 meter berhasil diaplikasikan di dunia nyata.
Tahun 2099
Ada kecenderungan kuat untuk membuat gabungan antara pemikiran manusia dengan kecerdasan mesin. Sebagian besar entitas tidak mempunyai kehadiran fisik yang permanen. Kecerdasan dari mesin yang diturunkan dari model-model kecerdasan manusia yang diperluas mengklaim dirinya sebagai manusia. Sebagian besar kecerdasan ini tidak terikat terhadap suatu unit pemrosesan komputasi yang khusus. Jumlah manusia-manusia berbasis software jauh lebih banyak dibanding manusia-manusia berbasis syaraf alami (karbon). Bahkan diantara kecerdasan manusia yang masih menggunakan sel-sel syaraf berbasis karbon tersebut, terdapat penggunaan teknologi terhadap kemampuan perseptual dan kognitif manusia. Manusia-manusia yang tidak menggunakan pencangkokan tersebut tidak dapat berpartisipasi dalam dialog dengan manusia-manusia lain yang menggunakan pencangkokan sel syaraf.
Beberapa prediksi yang ada pada tahapan pertama saat ini sudah mulai terwujud, sebagai contoh; HP (handphone) sudah memiliki kemampuan sama dengan komputer. Ada kemungkinan prediksi-prediksi pada tahapan selanjutnya juga akan terwujud, jika demikian –dan jika saya boleh berandai-andai– maka prediksi gila saya tentang kejadian yang akan terjadi di masa depan adalah:
Pemerintahan dipegang oleh teknologi. Karena masalah independensi dan krisis kepercayaan terbentuklah suatu badan yang mencoba menerapkan sistem pemerintahan dibawah teknologi, suatu negara dipimpin oleh satu super komputer, semua kebijakan dijalankan dengan sangat objektif tidak pandang bulu, mau itu anak jendral atau anak petani semua mendapatkan konsekuensi yang sama.
Semua manusia tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja, yang diperlukan hanya mengatakan “aku butuh ini/itu..”, atau bahkan hanya perlu memikirkannya saja untuk kemudian segera diproses oleh market terdekat.
Popularitas mata uang fisik (dalam dunia nyata) mulai menurun dan digantikan dengan transaksi elektronik/virtual, atau bahkan mata uang fisik akan ditiadakan selamanya.
Bermacam-macam program jahat (malware) seperti virus komputer akan menjadi momok yang paling menakutkan bagi manusia, sehingga setiap orang perlu menginstal program keamanan seperti antivirus kedalam chip dalam otak mereka.
Orang saling mengenal dan akrab dalam dunia virtual tapi tidak mengenal dalam dunia nyata sehingga karakteristik setiap orang semakin buram.
Dengan adanya perkembangan dan identifikasi diatas, perkembangan IT di dunia akan mengalami kenaikan pengguna ( usernya ) ,hal ini dikuatkan kembali dengan adanya data yang signifikan akan perkembangan dan tingkat keaktifan masyarakat yang menggunakan IT , Berikut ini prosentase pengguna IT yang telah kami dapat :

Tidak menutup kemungkinan IT adalah suatu hal yang kini menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat dunia .Laptop , computer , ataupun Notebook nantinya akan mengalami perkembangan pasar yang menjanjikan bagi para pasar market IT .Notebook khususnya Notebook dalam beberapa tahun terakhir ini berkembang dengan sangat pesat dan pada awal tahun ini boleh dibilang melewati penjualan komputer desktop di seluruh dunia, dahulu notebook merupakan produk yang hanya digunakan oleh kalangan bisnis karena pada saat itu harga sebuah notebook bias dikatakan sangat mahal dan belum terjangkau oleh kalangan menengah. Tapi dengan perkembangannya teknologi notebook dan semakin banyak pabrikan yang memproduksi perangkat tersebut harga notebook pun semakin terjangkau. Pada saat ini harga notebook dapat ditembus mulai dari harga lebih kurang 4 juataan sampai harga yang membuat dahi anda mengerut karena melihat jumlah digit rupiahnya yang fantastis di karenakan Teknologi yang ditawarkan notebook semakin beragam, mulai dari prosesor yang ultra low voltage hingga yang menggunakan prosesor dan graphic card dengan kinerja tinggi yang digunakan para gamer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar